Teknologi 5G Bukan Sekadar Kecepatan Download

Posted by: Administrator | 15/03/2021 | Kategori: Teknologi | 141 kali dibaca | Rating: 75

KOMPAS.com - Teknologi seluler generasi kelima, alias 5G memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dibanding 4G. Salah satunya adalah kecepatan unduh (download) yang diklaim bisa mencapai 20 Gbps.

Namun, tujuan dari teknologi 5G sendiri disebut bukan untuk sekadar menawarkan kecepatan internet ngebut yang bisa dipakai untuk mengunduh dokumen, menonton film, atau bermain game saja.

Sebab menurut Manager Network Master Plan Telkomsel Harry Utama, teknologi ini bisa digunakan untuk berbagai use case dalam berbagai aspek kehidupan.

"Teknologi 5G ini tidak hanya akan meningkatkan pengalaman komunikasi dan digital bagi segmen consumer, namun, penggunaannya juga nanti bakal marak di segmen industri," ujar Harry dalam acara "5G Myth Busting" yang digelar Samsung dan Telkomsel secara virtual, Selasa (9/3/2021).

Untuk consumer, selain bisa dipakai untuk mengunduh file dengan kecepatan tinggi, teknologi tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan panggilan video berkualitas tinggi dan menikmati aneka hiburan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Jaringan 5G juga bisa dipakai untuk menikmati layanan kesehatan secara jarak jauh (telehealth), pembelajaran dengan modul VR, pemanfaatan Fixed Wireless Access (jaringan internet rumahan tanpa kabel), serta cloud gaming.

"Dengan cloud gaming, nantinya konsumen tidak membutuhkan konsol/PC dengan spesifikasi tinggi untuk memainkan game-game mumpuni di smartphone masing-masing," tutur Harry.

Sedangkan untuk ranah industri, penggunaan 5G bisa mencakup pengawasan real-time menggunakan drone, tindakan operasi medis jarak jauh, perbaikan mesin yang dibantu dengan AR, pengendalian kendaraan berat secara online, hingga pemosisian dan pelacakan mobil.

Teknologi 5G juga bisa dipakai untuk menerapkan produk smart metering untuk distribusi listrik, smart factory untuk otomatisasi pabrik, serta smart seaport guna menjalankan berbagai prosedur pemindahan barang di pelabuhan dari jarak jauh.

Menunggu Pemerintah

Terkait implementasi 5G, saat ini Harry mengatakan Telkomsel tengah menunggu kajian dari pemerintah dan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak serta stakeholder.

Harry juga mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan beragam infrastruktur dan teknologi pendukung agar penerapan 5G ini nantinya bakal berjalan dengan optimal.

Implementasi 5G di masa depan diprediksi bakal membuka peluang dan kesempatan baru bagi berbagai pihak.

"Implementasi 5G ini diharapkan akan membuka peluang dan kesempatan baru bagi masyarakat, industri, dan negara kita," ujar Harry.

Telkomsel sendiri terus berupaya untuk menyempurnakan serta menguji coba implementasi 5G di Indonesia.

Pada Mei 2017, operator seluler pelat merah ini menggelar 5G Demo pertama di Tanah Air, diikuti dengan pembukaan 5G Experience Center di Jakarta yang memamerkan beragam use case dari teknologi 5G.

Teknologi 5G kemudian dipamerkan kembali di gelaran Telkomsel 5G for Industri 4.0 di Batam pada November 2019 guna menelusuri implementasi 5G di ranah industri.

Yang terbaru, suksesor 4G ini juga diuji coba di gelaran The NextDev Summit pada Desember 2019 lalu guna menunjukkan kemampuan 5G di berbagai produk pintar dan AR.

Penulis: Bill Clinten | Editor: Yudha Pratomo

Sumber: tekno.kompas.com

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


Category


Top Articles

Bisnis penyewaan menara telko masih menjanjikan

by: Administrator | 11 February 2018

Melihat Kembali Geliat Adopsi 5G di Indonesia

by: Administrator | 11 December 2018

Steve Jobs APPLE

by: Administrator | 07 August 2017

Mengintip Strategi XL Kembangkan IoT untuk Industri 4.0

by: Administrator | 05 December 2018

Five Companies Using AI to Fight Coronavirus

by: Administrator | 20 March 2020

Kisah Startup yang Mengubah Sistem Pembayaran di Dubai

by: Administrator | 30 January 2020

Ambisi Telkomsel Boyong 5G di Ibu Kota Negara Baru

by: Administrator | 27 September 2019

China Luncurkan Jaringan 5G Terbesar di Dunia

by: Administrator | 02 November 2019

New Articles

Digitaliasi Aksara Nusantara Akan Mendunia

by: Administrator | 15 March 2021

Teknologi 5G Bukan Sekadar Kecepatan Download

by: Administrator | 15 March 2021

Tantangan Indonesia Gelar 5G Tahun 2021

by: Administrator | 28 December 2020

Persiapan 5G di Indonesia Kominfo Lelang Frekuensi

by: Administrator | 23 November 2020

Beasiswa Rp 8 Miliar Sekolah Data Science

by: Administrator | 08 August 2020